Peran Fisika dalam Kehidupan

 Peran fisika dalam kehidupan antara lain:

 

1.   Bidang Industri

Penemuan bahan semikonduktor, penemuan peralatan optik, bahan polimer, penemuan mesin-mesin industri juga memanfaatkan konsep fisika. Fisika juga sangat berperan dalam industri otomotif. Penemuan AC sebagai pendingin ruangan juga memanfaatkan hukum termodinamika.



2.   Bidang Teknologi

Banyak sekali peralatan dengan teknologi canggih yang menggunakan konsep dasar hukum fisika, misalnya teknologi digital yang banyak berkembang saat ini menggunakan konsep gelombang elektromagnetik. Penggunaan lampu TL, monitor komputer, layar LCD, dan lain-lain juga menggunakan konsep fisika.


3.   Bidang Transportasi

Peralatan transportasi tradisional hingga modern menggunakan konsep fisika. Dari penggunaan  delman, gerobak atau alat transportasi tradisional lain yang memanfaatkan gaya dorong dan gaya tarik. Peralatan transportasi darat, laut maupun udara semuanya  menggunakan konsep dasar hukum fisika. Peralatan transportasi darat menerapkan konsep hukum kecepatan , transportasi laut seperti kapal menerapkan hukum-hukum fisika tentang fluida. Begitu juga dengan transportasi udara seperti pesawat terbang juga memanfaatkan hukum fisika tentang fluida. Penemuan Lift sebagai salah satu alat transportasi di dalam gedung dan penemuan motor listrik juga memanfaatkan konsep fisika. Kereta super cepat maglev yang bergerak dengan kecepatan sampai 600 km/jam dengan aplikasi superkonduktor.

sumber: https://m.guideku.com/


4.   Bidang Telekomunikasi

Penemuan berbagai peralatan telekomunikasi dari telepon, telegraf, faksimile, internet, dan handphone juga memanfaatkan hukum fisika tentaang gelombang.


5.   Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, sistem pengairan menggunakan pompa juga memanfaatkan hukum fisika. Penggunaan teknologi radiasi memang sangat berguna karena salah satu aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatasi bebagai masalah dalam bidang pertanian Indonesia. Penggunaan radiasi dalam bidang pertanian adalah untuk mengatasi serangan hama pengganggu tanaman pertanian yang dapat menurunkan kuantitas dan kualitas dari hasil pertanian.


6.   Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran fisika juga berperan sangat penting, diantaranya Dtemukannya peralatan kedokteran seperti endoskopi, CT scan, MRI, X-ray, radioterapi, dan elektromiogram.

CT Scan. Sumber: halodoc.com


7.   Bidang Energi

Pengembangan pembangkit listrik dengan berbagai sumber energi, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Lsitrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

sumber: https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/



Kemajuan Fisika yang sangat pesat harus diimbangi dengan iman dan takwa sehingga kemajuan tersebut tidak disalahgunakan. Penyalahgunaan penerapan ilmu Fisika dapat mengakibatkan tatanan lingkungan menjadi rusak. Contohnya penerapan berbagai konsep ilmu Fisika dalam bidang militer dan pembuatan bom atom yang digunakan untuk menghancurkan umat manusia.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama