Teknik Penulisan Berita Sebagai Materi Pertama Dalam Workshop Edutech Madrasah

(Yogyakarta) -  “Jadilah pembaca yang cerdas, sebelum menjadi penulis yang hebat”, demikian pesan Bapak Fajar Herlambang, M.M, penyusun berita dan pendapat umum (Bagian Subbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag DKI Jakarta) sebagai narasumber dalam workshop online yang diselenggarakan Edutech Madrasah melalui Google Meet pada hari Kamis, 22 April 2021.

Kegiatan perdana dalam rangkaian Workshop 1000 Web-Blog Guru Madrasah dan Pesantren yang diselenggarakan Edutech Madrasah ini mengambil tema Teknik Penulisan Berita. Dalam pemaparannya, Fajar mengungkapkan bahwa fungsi kehumasan dalam suatu instansi sangatlah penting. Diantaranya adalah sebagai juru bicara ke masyarakat/publik, sebagai penghubung dengan instansi lain serta sebagai wadah pengaduan dan masukan masyarakat.

Beliau juga memaparkan dalam menulis berita yang perlu diperhatikan adalah jangan berpihak, berdasarkan fakta, memahami nilai berita dan jangan beropini.


Kaidah yang penting dalam menyusun berita yang akan kita sampaikan ke masyarakat agar dapat dipahami dengan baik maka memenuhi kaidah 5W dan 1H, yaitu What (apa yang terjadi), Who (siapa yang terlibat pada kejadian itu), Where (dimana kejadian tersebut), When (kapan kejadian tersebut), Why ( kenapa hal itu terjadi) dan How (bagaimana peristiwa itu terjadi).

“Saya merasa senang dan mendapat wawasan yang belum pernah saya dapatkan mengenai bagaimana kita menulis dan menyusun berita. Semoga ini bisa meningkatkan kemampuan jurnalistik saya dan peserta lainnya dalam menginformasikan berita sehingga dapat dipahami oleh publik.” tutur Iksan. Pemaparan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab  dan berakhir pada pukul 11.50 WIB. (ith)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama